amicimia

Home » Uncategorized » Opak Buatan si Mbah

Opak Buatan si Mbah

Siapa yang tahu opak? Biasanya orang Jawa mengerti jajanan yang biasa disebut jepit ini. Bentuknya ada yang digulung seperti stick berlubang, ada yang dilipat sehingga berbentuk segitiga. Warnanya bisa putih kecokelatan, atau pun merah muda. Kalau orang modern, mungkin lebih bisa membayangkan kalau saya menyebut bahannya seperti cone ice cream. Hampir seperti itulah opak, tapi rasanya manis dengan tekstur cetakan garis kotak-kotak.

 

Saya dulu makan opak setahun sekali saat Lebaran, dan hanya saat bertamu di rumah si Mbah yang merupakan saudara kandung nenek saya. Nenek saya sendiri sudah tak lagi di dunia. Dan karena si Mbah tahu saya senang opak, selalu saja opak satu toples diberikannya untuk saya bawa pulang. Ha.. ha.. jajan gratis lumayan.

 

Tapi lima tahun Lebaran ini saya tak lagi menikmati opak. Karena tenaga si Mbah tak lagi mampu menciptakan opak-opak yang manis. Dan tak ada generasi penerusnya yang berminat membuat opak. Termasuk saya, karena saya lebih memilih menjadi penikmat he.. he..

 

Dan hingga suatu kali, saya bertemu dengan opak. Tapi, yang pertama kali saya ingat bukanlah rasanya yang manis, melainkan si Mbah dan Lebaran! Sesuatu hal –dalam cerita ini makanan– yang pernah kita rasakan, ternyata bukanlah rasa itu sendiri. Melainkan memori tentang momen saat kita merasakan sesuatu hal itu.

 

Inilah mengapa momen itu sangat penting. Karena ini pula, banyak momen yang dipolitisasi sedemikian rupa agar khalayak memiliki memori tentang momen tertentu seperti yang diinginkan si pembuat politisasi itu. Ini sebenarnya sudah melenceng. Yang penting, saya suka opak buatan si Mbah ha.. ha..

 

*fla


Leave a Reply

